backup aplikasi linux yang sudah terinstall

banyak pertanyaan yang sering saya temui pada orang-orang yang menggunakan sistem operasi linux di PC-nya. salah satu nya adalah
"bagaimana cara supaya aplikasi yang telah kita download kemudian di install lewat terminal (konsole) ataupun lewat software management agar bisa kita simpan untuk digunakan dikemudian hari tanpa harus mendownload ulang."

memang, pada saat ingin menginstall aplikasi (lewat teminal ataupun Software management) sistem operasi linux tidak memberikan kita pilihan untuk menyimpan file induk (master) dari aplikasi tersebut. tetapi, sistem operasi linux tidak menghapus file yang telah kita download tersebut langsung setelah selesai proses download dan install.

pada artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara menanggulangi hal tersebut.
mudah saja, silahkan buka file management anda (nautilus,dll) kemudian menuju ke directory file-System /var/cache/apt/archives/
nah.. pada directory / folder archices itulah file induk beserta file-file yang lain tersimpan. anda bisa meng-copy folder tersebut untuk digunakan di kemudian hari.

selain dengan cara tersebut, ada cara yang lebih mudah. anda bisa lihat pada postingan ini :
http://rahindra.blogspot.com/2010/02/backup-aplikasi-linux.html

semoga bermanfaat.

1

1 komentar:

  1. Gan, kalo merestore aplikasi yang udah dicopy dari arsip apt tadi apa tinggal dicopy ke tempat yang sama atau kudu install satu-satu file .deb nya?

Posting Komentar


translate this page

archives

Enter your email address:

list Of contents



thank you